| |

Christmas Celebration On Pandemic             

Hari ini Sabtu, 19 Desember 2020 KB-TK Kristen Petra 13 merayakan hari Natal bersama. Biasanya hiruk-pikuk Natal begitu terasa, dihiasi dekorasi pernak-pernik Natal di mana-mana,  anak-anak memakai baju warna-warni dengan riasan yang menarik, dan para orang tua yang sibuk mengambil foto anak-anak mereka pada berbagai spot yang tersedia di sekolah sembari menunggu giliran mereka tampil di atas panggung. Namun, perayaan Natal kali ini sungguh berbeda, kami merayakannya secara online melalui tayangan Youtube. Akan tetapi, anak-anak, guru dan karyawan tetap dapat melayani Tuhan dengan berbagai macam talenta yang ditampilkan pada kegiatan ini. 

 

Acara dibuka dengan doa oleh Ibu Monica dan sambutan oleh Ibu Jeane selaku kepala KB-TK Kristen Petra 13. Kemudian dimeriahkan dengan berbagai atraksi modern dance, balet, pianika, menyanyi bersama dengan bahasa Inggris dan juga Mandarin, serta story telling dalam bahasa Inggris tentang kelahiran Tuhan Yesus. Semua anak KB A, KB B dan TK A terlibat dalam perayaan Natal ini. Mereka mengikuti latihan melalui zoom bersama guru pembimbing dan selanjutnya orang tua membantu dalam pengambilan video anak di rumah, tentunya dengan kostum dan riasan yang membuat anak-anak terlihat cantik dan tampan. Walaupun latihannya hanya melalui zoom, ternyata anak-anak tetap dapat mengikuti setiap gerakan dengan baik, meski ada juga beberapa anak yang masih perlu pendampingan.

Setelah itu, cerita Firman Tuhan dibawakan oleh Bapak Dany Nobret, S.Th.  Dengan penuh keceriaan, anak-anak semakin penasaran dengan alat peraga yang dipakai oleh Kak Dany, demikian sapaannya, saat menyampaikan cerita Firman Tuhan secara menarik dan menyenangkan sehingga anak-anak sangat tertarik mendengarnya. Anak-anak sangat antusias mengikuti acara ini, tampak dari viewers dan live chat yang selalu bertambah saat penayangan perdana.

Selamat Natal tahun 2020 anak-anak, walaupun kita tidak bertatap muka, namun tidak mengurangi semangat dan kasih Natal di hati kita semua. Jangan berhenti berharap kepada Tuhan seperti doa dan harapan kita yang tergantung di Christmas Wishing Tree yang ada di teras sekolah. Biarlah setiap doa dan harapan kita keluarga besar KB-TK Kristen Petra 13 dapat dijawab Tuhan dan mari kita berjalan dengan penuh iman pada Tuhan Yesus untuk memasuki tahun baru 2021. Berdoa juga agar pandemi Covid-19 segera berlalu.

Merry Christmas and Happy New Year
God bless us!
Stay healthy and stay safe!

Hari Guru Nasional

Hari Rabu, 25 November 2020 diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Merupakan tantangan besar bagi setiap guru di Indonesia dalam menjalankan profesi mereka terutama ditengah masa pandemi Covid-19. Hampir setahun anak-anak dan guru melaksanakan pelajaran jarak jauh (online class).

guru_005.jpgguru_002.jpgguru_004.jpgguru_001.jpgguru_003.jpg

Tepat pada hari Rabu, 25 November 2020, sekolah pun tetap memperingati hari guru bersama anak-anak dan juga para pendamping yang mendampingi anak-anak melakukan pembelajaran jarak jauh di KB-TK Kristen Petra 13. Seperti biasa, kami melakukan pembelajaran, namun pada waktu akan istirahat ada hal yang berbeda. Setiap jenjang kelas yang biasanya dimasukkan ke dalam room kelas masing-masing, tiba-tiba mendadak dijadikan satu di main room sehingga semua anak dapat bertemu dengan anak-anak dari kelas lain.

Wah, ada apa ya kira-kira ? Semua anak termasuk Bapak/Ibu guru menjadi semakin penasaran. Wah, ternyata ada kejutan dari sekolah. Ada sebuah video yang diputarkan mulai dari penampilan anak perwakilan TK A dan TK B yang menyanyikan lagu “Guruku Tersayang” hingga testimoni serta ucapan terima kasih dari perwakilan wali murid, anak-anak dan pihak sekolah yang diwakili oleh Kepala dan Wakil Kepala KB-TK Kristen Petra 13 yang juga mengikuti kegiatan saat itu.

Selain itu, ada juga dokumentasi guru mulai proses mempersiapkan bahan materi hingga proses belajar-mengajar yang ditampilkan satu per satu untuk setiap guru yang mengajar di sekolah. Melalui video itu, kami dapat melihat kerja keras setiap guru untuk memberikan yang terbaik.  Rasa haru dan tersentuh dirasakan oleh setiap guru. Meskipun pembelajaran jarak jauh, tetapi tidak mengurangi rasa kasih sayang setiap anak kepada guru-gurunya, begitu juga sebaliknya tidak mengurangi rasa kasih sayang guru kepada murid-muridnya. Terlihat beberapa momen guru-guru yang tidak dapat menahan air mata akan kebahagiaan dan rasa syukur di Hari Guru Nasional saat itu.

Kejutan pun diakhiri dengan doa bersama ucapan syukur kepada Tuhan Yesus atas penyertaan dan berkat-Nya selama masa pandemi ini yang luar biasa dan berterima kasih pada Tuhan untuk setiap orang tua dan pendamping yang juga berperan serta sebagai guru di rumah. Terima kasih untuk setiap guru di KB-TK Kristen Petra 13 dan yang ada di Indonesia! Tuhan Yesus memberkati

Ibadah Awal Tahun Ajaran 2020/2021

Mengawali setiap hari dengan berdoa dan bersyukur kepada Tuhan, itulah hal yang dibiasakan oleh KB-TK Kristen Petra 13 sebelum kegiatan belajar-mengajar berlangsung. Demikian pula untuk mengawali Kegiatan Tahun Ajaran 2020/2021, sekolah kami mengadakan Ibadah Awal Tahun Ajaran pada hari Kamis, 18 Agustus 2020 lalu.

 
ibadah_02.jpgibadah_01.jpgibadah_05.jpgibadah_03.jpgibadah_04.jpg

Ibadah Awal Tahun Ajaran 2020/2021 dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh anak-anak KB A sampai dengan TK B.

Ibadah awal tahun ajaran mengambil tema “Aku Mau Bersukacita”. Ibadah dibuka dengan sapaan dan beberapa lagu pujian. Anak-anak memuji Tuhan dengan gembira dan mereka menari mengikuti irama lagu dengan sungguh-sungguh. Setelah itu, anak-anak berdoa untuk mendengarkan Firman Tuhan. Ibu guru menyampaikan Firman Tuhan mengenai cerita Bapak Abraham yang diutus oleh Tuhan pergi ke suatu tempat yang jauh meskipun dia belum pernah ke sana dan bahkan tidak ada satu orang pun yang dia kenal. Namun, Bapak Abraham mau taat akan perintah Tuhan dengan hati yang bersukacita, karena Bapak Abraham tahu bahwa ada Tuhan yang menjaganya.

Melalui cerita tersebut, kita semua diingatkan untuk belajar menjadi seperti Bapak Abraham. Seperti halnya sekarang ini, kita harus belajar melalui daring, belum mengenal guru serta teman-teman baru yang ada dalam satu kelas dengan kita. Terkadang kita merasa takut. Namun, pesan Tuhan pada kita adalah kita tidak perlu takut karena ada Tuhan yang menjaga dan menyertai kita. Jadi, ayo teman-teman, kita harus tetap semangat dan bersukacita dalam keadaan apapun. Selain itu, mari kita saling mendoakan.

Kita awali tahun ajaran 2020/2021 dengan semangat dan sukacita untuk selalu belajar meskipun dari rumah! Selamat memasuki tahun ajaran yang baru anak-anak! Tuhan Yesus Memberkati!

Kegiatan Seni Musik

Pada hari Selasa, 18 Agustus 2020 yang lalu, anak-anak TK B mengikuti kegiatan musik dengan mempraktekan cara bermain pianika. Dengan semangat, anak-anak mulai membuka tas pianika mereka saat disapa Pak Guru sambil memainkan lagu “Hari Merdeka”.

kegiatan_musik_01.jpgkegiatan_musik_03.jpgkegiatan_musik_04.jpgkegiatan_musik_02.jpg

Pak Guru menjelaskan pada kami tentang cara bermain pianika. Setiap anak mencoba untuk menekan nada “do-re-mi-fa-sol-la-si” hingga nada “do” tinggi dengan 5 jari tangan kanan. Beberapa anak sudah dapat mengikuti dengan baik namun ada juga yang masih perlu belajar lagi. Meski mengalami kendala, namun anak-anak mulai dapat memainkan dengan cukup baik. Kemudian, Pak Guru mengajarkan sebuah lagu, yakni lagu “Aeroplane”. Mereka antusias sekali saat diminta untuk mencoba memainkan pianika tersebut.

Tidak hanya kakak-kakak TK B, adik-adik TK A pun juga belajar mengenal pianika pada hari Selasa, 25 Agustus 2020 lalu. Kegiatan bermain pianika merupakan pengalaman baru anak-anak TK A dalam pembelajaran daring. Pak guru menerangkan bagian-bagian dari pianika, penjarian 5 jari tangan kanan saat menekan tuts pianika, dan memainkan nada “do” dengan jari satu (ibu jari) tangan kanan.

Meskipun terpisah jarak dan ruang, anak-anak ternyata dapat bermain dan senang sekali mengikuti kegiatan musik ini. Kalian adalah anak-anak yang luar biasa. Tetap semangat ya, anak-anak! Good Job and Jesus bless you!

Kemerdekaan Indonesia Ke-75

Tujuh  belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita                                                                                     

Mer… de… ka !

Photo_Competition_KB-TK_Kristen_Petra_13_4.jpgPhoto_Competition_KB-TK_Kristen_Petra_13_6.jpgPhoto_Competition_KB-TK_Kristen_Petra_13_2.jpgPhoto_Competition_KB-TK_Kristen_Petra_13_1.jpgPhoto_Competition_KB-TK_Kristen_Petra_13_3.jpgPhoto_Competition_KB-TK_Kristen_Petra_13_7.jpgPhoto_Competition_KB-TK_Kristen_Petra_13_5.jpg

Itulah penggalan lagu wajib nasional yang selalu kami kumandangkan di awal bulan Agustus ini sebelum pelajaran daring dimulai. Bulan ini, seluruh bangsa Indonesia sedang memperingati HUT ke-75 RI. Wah, tak terasa usia kemerdekaan Republik Indonesia sudah 75 tahun. Kita semua memperingati dan merayakannya dengan penuh khidmat dan gembira.

Namun, tahun ini kita masih dalam masa pandemi Covid-19. Sulit rasanya merayakan bersama guru dan teman-teman di sekolah, karena kita masih learn from home.  Untuk itu, kami sangat bergembira ketika sekolah kami KB-TK Kristen Petra 13 mengadakan Photo Competition for kid and family dengan nuansa merah putih. Lomba ini hanya untuk kalangan murid KB-TK Kristen Petra 13. Dengan kecanggihan teknologi, tidak memudarkan semangat anak-anak dan orang tua untuk turut berpartisipasi dalam lomba perayaan HUT RI ini.

Setiap peserta harus mengunggah foto melalui aplikasi media sosial, yakni Instagram mulai pada tanggal 8-14 Agustus 2020. Wahhh, ternyata animo orang tua dan anak sangat banyak. Beberapa dari mereka, ada yang mempersiapkan berbagai macam kegiatan lomba, pakaian merah putih dan bahkan berbagai properti yang diperlukan untuk pengambilan foto. Pose kreatif dan ekspresi wajah yang ceria pun nampak di foto tersebut. Selain itu, kebersamaan dan kekompakan dengan keluarga dapat terlihat dari foto.  Kami senang sekali di tengah pandemi Covid-19, kita semua tetap dapat memperingati dan merayakan HUT ke-75 RI yang tentunya nuansa merah putih mendominasi dapat membangkitkan semangat juang dalam belajar menjadi generasi yang membanggakan Tuhan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ada, maka pada hari Jumat, 14 Agustus 2020 akhirnya terpilih 1 pemenang untuk masing–masing jenjang mulai dari jenjang KB A, KB B, TK A dan TK B yang diumumkan melalui Instagram sekolah, yakni kbtk_kr.petra13. Para pemenangnya adalah Shannon dari KB A, Brandon dari KB B, Maddie dari TK A, dan Jocelyn dari TK B. Mereka adalah pemenang yang telah mendapat jumlah like terbanyak serta memenuhi kriteria penilaian lainnya.

Selamat ya, untuk para pemenang! Walaupun masih dalam masa pandemi covid-19, tidak mengurangi semangat kemerdekaan kita untuk mengisi kemerdekaan ini dengan mencintai keluarga, menjaga kebersihan, menjaga kesehatan, menaati aturan pemerintah dengan mengikuti protokol kesehatan, dan rajin belajar walaupun belajar secara online.

Bagi yang belum, jangan berkecil hati ya. Masih akan ada acara seru lainnya. Tetap Semangat Semuanya. Seperti quotes dari Ir. Soekarno yang berbunyi: "Bangunlah suatu dunia di mana semuanya bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan". Biarlah quotes tersebut dapat menjadi doa kita dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kita boleh menjadi bangsa yang saling membantu dan bahu-membahu.

Bersama kita bisa mewujudkan Indonesia Maju yang menjadi tema dalam HUT ke-75 RI ini. Dirgahayu Indonesia. Tetap sehat, tetap semangat, dan merdeka !!!

boost the values reap the success