| |

I Know Farm Animals

Old MacDonald had a farm ee-i-ee-i-o
And on that farm he had some cows ee-i-ee-i-o
With a moo-moo here
With a moo-moo there
Here a moo, there a moo
Everywhere a moo-moo
Old MacDonald had a farm ee-i-ee-i-o

Hari Rabu, 21 Oktober 2020 yang lalu, kami Kelompok A dan B dari TK Kristen Petra 13 belajar mengenal binatang ternak. Ibu guru mengajak kami menyanyikan lagu Old MacDonald dengan gembira. Setelah itu, ibu guru menjelaskan dan mengenalkan berbagai macam binatang ternak melalui gambar dan tayangan video yang kami saksikan lewat layar zoom. Karena sekarang masih dalam masa pandemi, kami mengikuti kegiatan sekolah dari rumah secara online. Walaupun hanya melalui layar, kami tetap dapat saling bertegur sapa satu dengan guru dan teman-teman. Kami dapat melihat hal baru yang disajikan dengan menarik oleh guru, supaya kami tetap bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran dari rumah.

Salah satu contohnya, anak-anak TK B membuat kandang sapi dengan menggunakan alat dan bahan yang sederhana seperti styrofoam, tusuk gigi, dan berbagai macam gambar misalnya sapi dan gembala sapi. Oh iya, alat dan bahannya kami dapat dari sekolah lho, jadi kami hanya merangkai saja sesuai dengan kreativitas kami. Cara pembuatannya juga sangat mudah. Pertama, tusuk gigi kami gunakan sebagai pagar dan ditancapkan pada styrofoam yang berfungsi sebagai pembatas area peternakan. Kedua, gambar gembala dan sapi, kami letakkan di dalam peternakan. Ternyata mudah dan hasilnya pun bagus sekali! Kami suka sekali kegiatan ini…!

Sedangkan anak-anak A belajar mengenal hewan ternak ayam, mulai dari cara memelihara, menjaga, merawat, serta mengenal produk yang dihasilkan. Setelah itu, kami mengenal bagian-bagian ayam sambil berkreasi membuat bentuk anak ayam dengan menggunakan kertas asturo. Bahan-bahannya juga kami dapat dari sekolah dan kami hanya menempel bentuk badan, jengger, sayap, dan kaki ayam. Hasilnya bagus ya, lucu…!!! Tidak hanya itu, kami pun belajar mengupas telur ayam kemudian dapat kami nikmati saat makan sehat bersama ketika jam istirahat. Hmm, yummy..!

Melalui kegiatan ini, kami belajar bagaimana peternak menjaga dan merawat hewan ternaknya agar tetap sehat dan dapat menghasilkan produk yang berkualitas sehingga dapat dinikmati oleh kita semua.

Terima kasih ya, para gembala dan juga peternak. Berkat jasa Bapak/Ibu, kami tetap dapat minum susu yang segar, makan telur dan daging yang enak serta sangat bermanfaat bagi kesehatan kami. Terima kasih Tuhan untuk ciptaan Tuhan yang luar biasa dan dapat kami manfaatkan dengan baik.

boost the values reap the success