| |

Playing With Colors

Hari Kamis, 17 Oktober 2019 kami melakukan eksperimen tentang pencampuran warna. Ibu guru membantu kami menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Ada pewarna makanan, susu cair, sabun pencuci piring, air, bahkan permen warna-warni. Sedangkan peralatan yang kami butuhkan adalah piring, gelas bening, tisu, serta cotton bud.

Kami akan membuat berbagai macam eksperimen yang sangat menyenangkan. Pada densitas 1 kami menyebutnya ‘Melting Rainbow’. Kami menyusun permen warna- warni pada sebuah piring, kemudian diberi air, lalu ditunggu beberapa saat, ternyata warna-warni dari permen luntur dan membentuk sebuah gabungan warna yang indah bagai pelangi.

Pada densitas 2 kami sebut ‘Rainbow Bridge’. Kami menyiapkan 3 warna primer yaitu merah, kuning, dan biru pada 3 gelas yang berbeda. Setelah itu kami meletakkan selembar tissue diatas gelas-gelas tersebut. Lihatlah, apa yang terjadi? Warna-warna menyerap pada tisu dan berjalan membentuk sebuah jembatan berwarna-warni. Indah sekali! Kami tak hentinya bertepuk tangan saat menyaksikan warna seolah berjalan pada tisu tersebut.

Sedangkan pada densitas 3 kami melakukan eksperimen yang kami sebut ‘Rainbow Milk’. Kami menuang sedikit susu pada sebuah wadah, lalu ditetesi berbagai pewarna makanan. Setelah itu kami mencelupkan cotton bud pada cairan pencuci piring kemudian cotton bud itu  diletakkan pada susu yang telah ditetes pewarna makanan. Benar saja, warna-warna berpencar dan membentuk warna-warna baru karena bersentuhan dengan susu dan cairan pencuci piring.

Dari ekperimen ini kami belajar bahwa ketika zat pewarna dicampur maka akan membentuk warna baru yang indah.

Eksperimen kali ini benar-benar memukau kami. What a beautiful rainbow!

boost the values reap the success