| |

Ayo Membuat Payung

Minggu ini, tema kegiatan kami adalah musim hujan, maka kami belajar mengenal peralatan yang dibutuhkan saat musim hujan, salah satunya adalah payung. Hari Rabu, 17 Maret 2021 lalu, kami dari kelompok A TK Kristen Petra 13 membuat bentuk payung dari kertas. Caranya sangat mudah. Kami melipat kertas sesuai dengan arahan Ibu guru yakni membentuk payung yang tertutup, tetapi jika kertasnya ditarik bisa mengembang seperti payung yang terbuka. Setelah itu, payungnya kami tempelkan pada kertas gambar. Kami juga boleh menambahkan gambar-gambar sesuai dengan kreasi kami.

image_2.jpgimage_4.jpgimage_1.jpgimage_3.jpg

Gambar teman-temanku lucu-lucu dan bagus loh, kami sampai tertawa melihat masing-masing hasil gambar kami. Setelah selesai menggambar, kami diminta oleh Ibu guru untuk menceritakan hasil gambar kami pada teman-teman. Walaupun kami masih belajar secara online dan saling bertemu lewat layar, kami tetap dapat melakukan kegiatan dengan lancar. Tampaknya kami mulai menikmati dan telah terbiasa dengan belajar online ini. he..he..he..

Selain mengenal alat-alat yang dibutuhkan saat musim hujan, kami juga belajar tentang keuntungan dan kerugian saat musim hujan. Keuntungannya adalah hujan dapat membantu petani untuk mengairi sawahnya agar tidak kering. Sedangkan kerugiannya adalah dapat mengakibatkan banjir jika hujannya turun dalam jangka waktu lama dengan intensitas yang besar.

Namun, kita harus selalu bersyukur dengan segala apa yang telah Tuhan berikan, termasuk hujan. Kami pun belajar mengucapkan rasa syukur kami dengan sama-sama mengucapkan terima kasih Tuhan sudah memberikan hujan buat kami.

It’s Rainy Season          

Di Indonesia ada dua macam musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Minggu ini tema pelajaran di sekolahku adalah tentang musim hujan. Hari Selasa, 16 Maret 2021 yang lalu, kami dari KB kelompok A dan B sedang belajar tentang pengaruh hujan dan mengenal alat-alat yang digunakan pada saat musim hujan.

It_s_Rainy_season_2.jpegIt_s_Rainy_season_1.jpegIt_s_Rainy_season_4.jpegIt_s_Rainy_season_5.jpegIt_s_Rainy_season_3.jpeg

Awalnya, Ibu guru mengajak kami menonton video tentang musim hujan, kemudian kami dikenalkan dengan peralatan yang dapat digunakan pada saat musim hujan. Peralatannya antara lain, payung, jas hujan, dan sepatu boot.  Payung berfungsi melindungi kepala kita dari guyuran air hujan, jas hujan dapat melindungi tubuh dan pakaian kita agar tidak basah, sedangkan sepatu boot menjaga kaki kita agar tetap kering walau kita sedang berjalan menginjak jalanan yang basah atau bahkan banjir karena hujan.

Selain mengenal macam-macam peralatan musim hujan, kami juga memperagakan cara menggunakannya. Karena kami masih belajar dari rumah, mama pun membantuku menyediakan payung dan jas hujan yang kebetulan tersedia di rumah. Mama membantuku memakaikan jas hujan dan membukakan payung untukku. Kami pun memperagakan aksi kami sedang berjalan di bawah guyuran air hujan sambil tertawa gembira di depan kamera aplikasi ZOOM-. Saat ini, meskipun kami masih belajar secara online, namun tidak mengurangi semangat guru, mama, dan kami para murid untuk belajar tentang banyak hal.

Terima kasih Bu guru dan mama, karena sudah selalu semangat dalam membantuku agar aku semakin pintar.

Ayo Terbang Dengan Balon Udara

Balon_Udara_K13_2.jpgBalon_Udara_K13_4.jpgBalon_Udara_K13_6.jpgBalon_Udara_K13_5.jpgBalon_Udara_K13_1.jpgBalon_Udara_K13_3.jpg

Hari Jumat, 22 Januari 2021 lalu, anak kelompok B dari KB Kristen Petra 13 asyik membuat mainan balon udara. Dengan tema kegiatan: kendaraan udara, maka kami membuat balon udara. Bahannya cukup sederhana lho, antara lain balon, sedotan, dan paper cup serta lem. Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, paper cup-nya dipakai menjadi tempat penumpang duduk dan sedotannya menjadi penyangga balon udara. Kedua, minta bantuan mama untuk meniup balonnya, karena kami masih belum bisa meniup balon menjadi ukuran yang besar. Yang terakhir, tentu bantuan Ibu guru yang membimbing kami lewat tayangan video dan pertemuan di online class.

Walaupun kami tidak bertemu di sekolah, namun pembelajaran kami tetap berlangsung dengan baik. Melalui kegiatan ini, kami dapat mengetahui bahwa balon udara merupakan salah satu kendaraan udara selain pesawat ataupun helikopter. Namun, balon udara biasanya dipergunakan sebagai sarana rekreasi saja, karena hanya mampu terbang dengan ketinggian yang cukup rendah dan jarak yang tidak terlalu jauh. Meskipun demikian, saya sangat terkesan dengan balon udara, selain karena warna balonnya yang menarik, cara terbangnya pun unik. Wah, pasti sangat menyenangkan kalau bisa naik kendaraan ini karena kita dapat melihat keindahan alam ciptaan Tuhan dari ketinggian.

Kapan ya, bisa naik balon udara? Saya berharap kelak bisa menaiki bahkan membuat balon udara yang bagus agar dapat mengajak papa, mama dan adikku rekreasi di udara.  Hehehe..!!!

Berlayar Di Tahun 2021

Happy New Year 2021!

Wah tidak terasa sudah satu semester anak-anak KB-TK Kristen Petra 13 melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Mari kita mengucap syukur kepada Tuhan karena seluruh keluarga besar KB-TK Kristen Petra 13 dapat melewati tahun 2020 dengan penyertaan Tuhan yang luar biasa dalam hidup kita. Memasuki tahun yang baru ini, yakni tahun 2021, merupakan suatu tanda dimulainya pembelajaran di semester 2 tahun ajaran 2020/2021.

Berlayarlah_kapalku_K131.jpgBerlayarlah_kapalku_K133.jpgBerlayarlah_kapalku_K134.jpgBerlayarlah_kapalku_K136.jpgBerlayarlah_kapalku_K135.jpgBerlayarlah_kapalku_K132.jpg

Setelah berlibur panjang, tidak menyurutkan semangat anak-anak dalam mempelajari hal baru. Pada awal semester 2 ini, anak-anak mulai belajar tentang kenndaraan. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah membuat berbagai jenis kendaraan air. Mulai dari siswa KB hingga TK. Mereka membuat berbagai macam kendaraan air yang berbeda-beda hlo.. Apa saja ya ?

Pada hari Rabu, 13 Januari 2021, siswa KB membuat kendaraan air yang menggunakan tenaga angin untuk bergerak. Kira-kira apa ya? Betul, sebuah kapal layar yang terbuat dari bahan sterofoam, anak-anak kemudian memainkan kapal tersebut yang ditaruh di atas air yang ada ada di suatu wadah. Selanjutnya, pada hari yang sama, siswa TK A membuat hasil karya kapal layar lengkap dengan hiasan kertas membentuk ombak di lautan. Lalu kakak TK B juga membuat kendaraan air yang dapat bergerak karena adanya tenaga manusia, yakni dengan cara di dayung. Siapa yang tahu? Ya. Ibu guru mengajarkan cara melipat perahu yang terbuat dari kertas minyak yang kemudian dimainkan di atas air.

Selain dapat digerakkan dengan angin dan tenaga manusia, pada hari Kamis, 15 Januari 2021, siswa TK A membuat hasil karya kendaraan air yang digerakkan dengan tenaga mesin yaitu sebuah kapal api. Wah, keren sekali ya buatan seluruh siswa KB-TK Kristen Petra 13. Saat itu, anak-anak tidak sabar lho untuk segera memainkan setelah pembelajaran berakhir. Seperti halnya kapal atau perahu, kita juga bersiap-siap berlayar melewati tahun 2021 dengan penuh semangat dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar senantiasa diberkati.

Hari Ikan Nasional

Ada yang tahu tanggal 21 November diperingati sebagai hari apa? Ya! Tanggal 21 November diperingati sebagai Hari Ikan Nasional atau HARKANAS. Wah, apakah ikan-ikan berulang tahun? Bukan, Hari Ikan Nasional diperingati untuk mengingatkan masyarakat Indonesia khususnya anak-anak Indonesia untuk gemar makan makanan sehat, salah satunya adalah menu ikan. Ikan punya banyak sekali manfaat lho. Ikan mengandung banyak protein, omega-3 DHA dan EPA, kalsium dan nutrisi lainnya yang penting bagi tubuh kita. Wah kalau anak-anak suka makan ikan, pasti tubuh menjadi tambah sehat dan nutrisinya membantu tubuh kita untuk belajar dengan baik.

 
ikan_003.jpgikan_002.jpgikan_009.jpgikan_010.jpgikan_006.jpgikan_004.jpgikan_007.jpgikan_001.jpgikan_008.jpgikan_005.jpg

Nah, dalam rangka menyambut Hari Ikan Nasional, anak-anak KB-TK Kristen Petra 13 melakukan kegiatan melipat kertas menjadi bentuk ikan. Hasil karya anak-anak kemudian dipajang di papan sekolah masing-masing kelas. Wah keren sekali ya hasil karya melipat ikannya! Selain melipat kertas menjadi bentuk ikan, pada hari Kamis, 19 November 2020 teman-teman TK B juga melakukan kegiatan bersama yaitu menyaksikan video ikan. Tetapi ada yang berbeda, anak-anak menyaksikan dengan menggunakan kacamata 3D. “Wah aku sudah tidak sabar melihat”, “Wah ikannya seperti berenang keluar laptop”, “Aku mau pegang ikannya”. Itulah respon bahagia anak-anak saat menyaksikan video bersama. Bahkan anak-anak menunjukkan senyuman dan antusias mereka saat menonton. Kegiatan menyambut Hari Ikan Ikan KB-TK Petra 13 sangat seru ya! Jangan lupa untuk selalu gemar makan ikan!

 

boost the values reap the success