| |

Kids Festival

Setiap tahun KB-TK Kristen Petra 13 selalu mengadakan kegiatan Open House yang terbuka bagi umum. Kegiatan ini sangat bermanfaat agar semakin banyak orang mengetahui bahkan mengenal lebih dekat tentang KB-TK Kristen Petra 13. Kami berusaha untuk selalu menyuguhkan model pembelajaran yang atraktif. Sekolah kami juga selalu memberi kegiatan yang bermanfaat bagi pertumbuhan serta perkembangan anak-anak usia dini dan turut berperan serta dalam usaha mencerdaskan anak bangsa.

Kegiatan Open House kali ini sangat berbeda dengan kegiatan open house sebelumnya karena dilaksanakan secara virtual. Meskipun demikian, para orang tua/wali siswa serta anak-anak sangat antusias mengikutinya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 10 – 11  Juni 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting.

Hari pertama diadakan kegiatan pembukaan, school touring, dan webinar/ parenting bagi para orang tua dengan judul "Becoming Wise Parents in Pandemic" bersama pembicara Ibu Yessyca Diana Gabrielle, M.Psi. Kami juga menyediakan berbagai macam kegiatan bagi anak-anak yaitu Art, Science and English Online Class.  Seluruh peserta open House dapat mengikuti kegiatan online class yang dikemas dengan berbagai aktivitas menarik bagi anak-anak. Sebelumnya peralatan dan bahan yang diperlukan telah disediakan oleh sekolah dan diambil oleh orang tua siswa di sekolah secara drive thru.

Sedangkan hari kedua adalah pelaksanaan lomba-lomba yang dibagi dalam 3 kategori usia. Ada coloring competition, collage competition, dan stamp competition. Semua anak mengikuti lomba secara online. Khusus lomba kategori usia 4 tahun ke bawah didampingi oleh orang tua, tentunya kerja sama dengan anak juga menjadi salah satu penilaian bagi dewan juri ditambah presentasi hasil karya khusus bagi collage competition dan stamp competition.

Kegiatan-kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak untuk mengasah perkembangan serta melatih kemandirian dan keberanian mereka.

Akhirnya para juri pun menentukan pemenangnya melalui penilaian dan pengamatan yang ketat dan diumumkan melalui Instagram sekolah  @kbtk_kr.petra13.

Seluruh peserta juga mendapatkan souvenir menarik dan sertifikat. Sedangkan untuk para pemenang mendapatkan piala disertai sertifikat dan souvenir yang sangat menarik juga lho.

Terima kasih bagi para peserta Open House, semoga kegembiraan kita selama 2 hari ini menambah ilmu dan meningkatkan kreativitas, kemandirian dan keberanian bagi anak-anak semua.

We Are One

Hari Kamis, 27 Mei 2021 lalu, KB-TK Kristen Petra 13 mengadakan kegiatan pentas seni tahun ajaran 2020-2021 yang bertajuk We Are One. Seluruh siswa kelompok B mulai dari KB sampai TK tampil dalam pementasan yang ditayangkan melalui kanal youtube KB-TK Kristen Petra 13. Biasanya pementasan selalu dilaksanakan di sekolah dan disaksikan oleh para orang tua / wali siswa, namun karena sedang masa pandemi covid-19, maka kegiatan ini dilaksanakan secara virtual. Tetapi, hal tersebut tidak mengurangi semangat anak-anak untuk menampilkan bakat dan talenta yang terbaik sebagai persembahan mereka ketika berada di bangku KB maupun TK.

Pemilihan judul We are One juga sangat berkaitan erat dengan situasi pandemi Covid-19 sekarang ini, yang membuat para siswa tidak dapat datang ke sekolah untuk belajar bersama, sehingga proses belajar-mengajar dilaksanakan secara daring. Keadaan ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga hampir di seluruh belahan dunia juga mengalami hal yang sama. Untuk itu, para siswa menyuguhkan berbagai tarian dari berbagai negara seperti Cina, Korea, Jepang, Amerika, Inggris, Meksiko, Brasil, dll dalam pementasan ini dan dirangkai dalam sebuah drama yang menceritakan bahwa di berbagai negara lain juga terjadi situasi yang sama. Banyak orang yang terpapar Covid-19 sehingga sekolah-sekolah beralih ke daring. Kita juga harus mengikuti protokol kesehatan dengan ketat demi mencegah penularan guna menjaga keselamatan seluruh anggota keluarga dan orang-orang di sekitar kita.

Acara ini terselenggara berkat kerja sama antara sekolah dengan orang tua siswa yang bersedia mempersiapkan dan bahkan merekam video anak-anak sesuai dengan peran/atraksi masing-masing dari rumah. Setelah itu, sekolah menyatukan dan merangkainya menjadi suatu persembahan pentas seni yang tidak terlupakan.

Biarlah melalui kegiatan ini, talenta anak-anak semakin terasah dan kita dapat melewati masa pandemi ini dengan semangat dan tentunya selalu menjaga protokol kesehatan. Kita juga memohon kepada Tuhan agar melindungi kita dan selalu menjaga hidup kita.

Happy Birthday PPPK Petra

WhatsApp_Image_2021-04-25_at_21.21.06.jpegHappy_birthday_PPPK_Petra_1_K13.jpegIMG-20210422-WA0017.jpgHappy_birthday_PPPK_Petra_3_K13.jpegIMG-20210422-WA0012.jpgIMG-20210422-WA0010.jpgHappy_birthday_PPPK_Petra_2_K13.jpegIMG-20210422-WA0009.jpgHappy_birthday_PPPK_Petra_4_K13.jpegWhatsApp_Image_2021-04-25_at_21.02.43.jpeg

Hari ini, Kamis, 22 April 2021 adalah hari yang menggembirakan buat seluruh warga PPPK Petra, karena tepat pada hari ini PPPK Petra sedang merayakan ulang tahun yang ke-70. Sekolah kami, KB-TK Kristen Petra 13 juga turut ambil bagian dalam perayaan ini secara virtual. Seluruh siswa mulai dari KB sampai TK bergabung bersama di main room ZOOM virtual meeting dan menyaksikan kemeriahan perayaan hari ulang tahun PPPK Petra ini melalui share screen Instagram yang disiarkan secara langsung dari berbagai sekolah yang berkolaborasi mulai dari jenjang KB hingga SMK Kristen Petra Surabaya-Sidoarjo.

Acaranya bermacam-macam, ada yang potong kue, potong tumpeng, menari, dan bernyanyi bersama. Wahhh, meriah sekali! Seusai menyaksikan tayangan tersebut, beberapa perwakilan dari siswa, guru serta kepala Sekolah KB-TK dan SD Kristen Petra 13 juga ikut meramaikan dengan melepas balon warna hijau-kuning ke udara sembari menaikkan doa dan harapan agar Tuhan selalu memberkati PPPK Petra dan sekolah kami.

Setelah itu, kami juga memuji Tuhan dan mendengarkan Firman Tuhan kemudian dilanjutkan dengan acara tiup lilin dan potong kue. Kami pun menikmati kue yang telah disiapkan oleh mama/papa sebelumnya. Walaupun secara virtual, kami dapat merasakan kegembiraan dan tertawa bersama guru serta teman-teman sambil menikmati kue dan menyaksikan beberapa tayangan seperti persembahan pujian teman-teman kami, kegiatan lomba-lomba serta kunjungan ke panti asuhan yang telah diwakili oleh beberapa guru dan karyawan sekolah kami.

Demikianlah deretan kegiatan kami dalam merayakan hari ulang tahun ke-70 PPPK Petra. Kami berdoa biarlah PPPK Petra tetap jaya dan selalu melahirkan generasi-generasi yang takut akan Tuhan, intelek, inovatif, dan kreatif. Terus diberkati untuk memberkati dan menjadi berkat.

Selamat Ulang tahun ke-70 PPPK Petra yang kami kasihi! Tuhan memberkati.

IT’S PASSOVER DAY, YEEEIIII !!!

Setiap hari raya membuat hati saya berbunga-bunga. Saya selalu menantikan kejutan apa yang akan saya dapat, baik dari mama, papa maupun Ibu guru di sekolah. Pada bulan April, ada hari raya Paskah. Hari raya umat Kristiani dalam rangka memperingati kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. Saya selalu bertanya kepada mama, mengapa Tuhan Yesus mati di kayu salib? Mama pun mencari video dan kami menonton film tentang kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus. Mama menjelaskan bahwa Tuhan Yesus mati untuk menebus dosa umat manusia. Tapi, kita jangan bersedih karena Tuhan Yesus bangkit pada hari yang ke tiga.

Bagai gayung bersambut, mama melihat pengumuman dari sekolah saya yakni KB-TK Kristen Petra 13 dan mengatakan kalau ada lomba- lomba untuk merayakan Paskah. Hati saya gembira tiada tara, saya langsung meminta mama untuk mendaftarkan diri mengikuti lomba menghias telur. Kami langsung mencari ide dan merancang apa yang akan kami buat dengan telur plastik ini.  Wahh, ternyata teman-teman saya dari kelas TK A lainnya juga ikut mendaftar lomba menghias telur, sedangkan kakak-kakak TK B lomba bercerita tentang Paskah, dan adik-adik KB mengikuti lomba kolase gambar telur dengan biji-bijian.

Setelah mendapat ide, kami juga menyiapkan segala peralatan dan perlengkapan yang kami butuhkan. Kami pun mulai membuat menghias telur plastik yang telah kami dapat dari sekolah. Oh iya tidak lupa, mama menyiapkan peralatan untuk merekam, karena dalam persyaratan lomba harus mengirimkan video proses pembuatan untuk dinilai kerja sama antara anak dan orang tua. Saya sangat bersemangat mengikutinya. Setelah selesai, saya juga mempresentasikan hasil karya di depan kamera.

Ketika hari pengumuman tiba, hati saya berdebar-debar dan tidak sabar mendengar siapa saja pemenangnya. Saya berdoa dalam hati. “Tuhan, saya ingin menang, walau bukan juara 1, tapi saya ingin menang”. Akhirnya nama-nama para pemenang pun mulai disebutkan, dan Puji Tuhan, saya berhasil menjadi pemenang. Terima kasih Tuhan, mama dan papa telah membantu saya menyiapkan semuanya. Piala ini adalah milik kita bersama. Satu hal yang saya pelajari saat menghias telur adalah adanya sebuah kehidupan di dalam telur yang suatu saat nanti akan menetas. Demikian pula Tuhan Yesus, walau sudah mati di kayu salib dan dikuburkan, namun pada hari yang ke tiga Tuhan bangkit, hidup dan naik ke surga. Tuhan Yesus telah mengalahkan maut. Terima kasih Tuhan Yesus telah mati untuk saya dan kami semua.

Happy Passover Day, everyone. He is risen. Yes, He is. 

Kreasiku Menyambut Imlek

Sebentar lagi, kita mau merayakan tahun baru Cina. Aku senang sekali, karena biasanya di rumahku akan ada banyak makanan dan kumpul bersama keluarga besar. Hal yang paling kutunggu adalah banyaknya dekorasi imlek yang serba berwarna merah dan kuning emas di rumah, mendapatkan angpau dari mama-papa serta kerabat lainnya.

 
IMG-20210225-WA0001.jpgIMG-20210225-WA0004.jpgIMG-20210225-WA0000.jpgIMG-20210225-WA0002.jpg

Saat aku menyampaikan keinginanku pada mama, beliau menatapku dengan sayang dan memelukku sambil menjelaskan jika perayaan Imlek tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena sekarang masih masa pandemi, maka keluargaku tidak mengadakan acara besar atau kumpul bersama keluarga besar lainnya. Kami cukup berkomunikasi lewat handphone atau menyampaikan selamat lewat video call/zoom meeting serta berdoa agar pandemi ini segera berlalu sehingga kami dapat merayakan tahun baru bersama keluarga besar lagi.

Guruku di sekolah KB-TK Kristen Petra 13 juga menyampaikan hal yang sama. Tapi, kami tidak mau melewatkan tahun baru ini begitu saja. Kami akan tetap merayakannya walau dengan cara yang lebih sederhana. Hari Kamis, 4 Februari 2021 lalu, Ibu guru mengajak kami membuat lampion dengan menggunakan kertas lipat. Caranya cukup mudah dan aku dapat mengikutinya walau secara online. Yeiii!!! Akhirnya lampionku pun sudah jadi sehingga dapat kujadikan dekorasi Imlek di rumahku. Aku berdoa agar pandemi ini segera berakhir sehingga kami dapat merayakannya lebih meriah lagi.

Happy Chinese Lunar New Year’s Day, Gong Xi Fa Cai.

boost the values reap the success